Langsung ke konten utama

Unggulan

Cara Mencegah Inflasi

Pengertian Inflasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. Bank Indonesia  memberikan definisi, inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik, inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa pada umumnya yang berlangsung secara terus menerus. Inflasi adalah hal yang biasa terjadi pada negara yang sedang berkembang, yang mengalami kenaikan harga secara meluas dan simultan. Inflasi adalah gejala ekonomi, yang hampir bisa dipastikan tidak mungkin bisa dihindari. Yang bisa dilakukan oleh suatu negara adalah mengendalikannya. Jenis-Jenis Inflasi 1. Inflasi ringan Skala ringan dalam inflasi adalah yang masih dalam tingkat mudah dikendalikan. Biasanya tidak memberikan efek yang terlalu mengganggu stabilitas ekonomi suatu negara. Parameterny

JURUS SEHAT THT


Seberapa sering sih kita memerika organ THT kita agar bisa memastikan bahwa ketiganya sehat? Kita disarankan untuk pergi memeriksakan organ THT kita ke dokter THT. Begitu timbul masalah, baru panik. Padahal jika mengingat banyaknya keuntungan yang didapat dari hasil kerja keras THT – seperti menikmati alunan musik atau sekedar menghirup aroma makanan sedap – kita pasti lebih peduli terhadap kesehatan organ tersebut.

TELINGA
Bagian telinga terdiri dari telinga luar (meliputi liang dan daun telinga), telinga tengah (meliputi gendang telinga dan tulang pendengaran), serta telinga dalam sebagai tempat sensor organ pendengaran.
Gangguan telinga yang paling sering terjadi adalah pada bagian telinga tengah, baik karena infeksi, alergi, dan kotoran. Namun kebanyakan tidak bersifat fatal, maksimal infeksi sekunder, biasanya infeksi di bawah kotoran telinga. Sementara gangguan pada telinga dalam umumnya merupakan lanjutan akibat infeksi pada telinga tengah.

Gangguan pada telinga
Biasanya gangguan ini sering dialami telinga kita, antara lain adalah :
Telinga kotor
Kotoran telinga merupakan hal normal. Kotoran ini umumnya tidak berakibat fatal karena telinga memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan diri.
Congekan
Ini merupakan lanjutan dari telinga kotor. Penyakit congekan ditandai dengan adanya cairan yang keluar dari lubang telinga dan berbau. Penyebabnya terjadi infeksi di bawah kotoran telinga. Pada level ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diperiksakan ke dokter dan diobati karena infeksinya bisa menyebar hingga ke otak.
Infeksi telinga
Penyebab infeksi bisa bermacam-macam. Umumnya karena adanya penyumbatan saluran – yang bertugas menyeimbangkan tekanan di telinga dan hidung sehingga tekanan di telinga meninggi dan mengakibatkan gendang telinga pecah. Bila hal ini dibiarkan, infeksi dari luar akan masuk ke bagian dalam telinga sehingga memicu timbulnya jaringan baru yang bersifat merusak.

Gangguan pada sensor telinga
Biasanya gangguan ini disebabkan oleh suara bising. Sensor telinga memiliki batas ketahanan terhadap suara bising. Jika terlalu sering mendengarkan suara bising, sensor tersebut akan rusak. Kerusakan sensor ini tidak terjadi dalam sekejap, melainkan bertahap dalam waktu lama. Karena itu, kita tidak akan merasakan keluhan apa pun. Namun, semakin lama kita akan mengalami cacat permanen atau tuli.

Membersihkan sendiri
Yap, telinga memang bisa membersihkan dirinya sendiri melalui minyak yang diproduksi sebagai antobodinya. Minyak tersebut berfungsi menyaring debu, kuman, dan partikel dari luar telinga. Minyak juga menjaga kelembapan telinga sehingga kotoran telinga tidak mengeras di dalam. Minyak inilah yang secara otomatis akan mendorong kotoran telinga keluar. Proses ini terjadi saat kita mandi atau menguyah.
Jika teroksidasi, minyak tersebut akan mengeluarkan aroma. Namun, aroma ini normal dan tidak mengganggu – bukan sebuah tanda penyakit. Justru aroma tersebut berfungsi untuk menghalau serangga agar tidak masuk ke telinga. Bila kita mengalami kotoran telinga yang keras, berarti produksi minyak di telinga berkurang. Kurangnya produksi telinga bukan berarti munculnya penyakit, karena produksi minyak bergantung pada fungsi tubuh secara keseluruhan.

HIDUNG
Sama seperti telinga, bentuk hidung telah diciptakan sedemikian rupa beserta fungsinya. Ada beberapa proses yang terjadi di dalam hidung.
  • Di dalam hidung terdapat rambut yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke paru-paru. Rambut pada hidung akan menyaring kuman, kotoran, dan partikel lain sehingga udara yang masuk ke paru-paru tetap bersih.
  • Bagian dalam hidung dilapisi lendir yang juga berfungsi menyaring kuman, debu, dan partikel lain.
  • Rambut-rambut getar pada hidung akan mendorong lendir ke belakang hidung sehingga mengalir ke tenggorokan dan masuk ke lambung.
  • Di dalam hidung terdapat proses melembabkan dan menghangatkan, sifatnya conditioning. Dengan begitu udara yang masuk ke paru-paru sudah terkondisikan. Semua partikel yang masuk melalui hidung sudah difilter sehingga meminimalisasi resiko.


Gangguan pada hidung
Gangguan yang terjadi pada hidung bisa bermacam-macam, antara lain yaitu:
Infeksi
Infeksi disebabkan oleh kuman dengan konsentrasi tertentu. Jika daya tahan tubuh menurun, infeksi ini akan menyebabkan pilek dan flu.
Alergi
Gangguan ini sering terjadi di perkotaan karena masyarakatnya minim gerak. Soalnya, kurangnya olahraga membuat sensitivitas pada hidung mengalami peningkatan, misalnya cepat tersumbat dan mudah terserang pilek. Memang, gangguan tidak bersifat fatal, namun membuat kita susah tidur dan kurang konsentrasi saat bekerja.
Sinusitis
Sinus merupakan rongga udara di daerah wajah yang terhubung dengan hidung. Jika udara yang terdapat di sinus wajah bermuara ke hidung dapat menyebabkan sinusitis. Namun, penyebab paling sering adalah infeksi yang menyebabkan tersumbatnya muara-muara sinus tersebut. Akibatnya tekanan dan pH di rongga sinus menurun, sehingga menimbulkan penumpukan cairan di dalam sinus. Jika sudah terjadi penumpukan kuman bisa tumbuh di sana.
Polip
Polip merupakan perkembangan dari sinusitis kronis. Jika infeksi berat terjadi di dekat mata dan otak bisa terjadi penyebaran ke organ tersebut.

TENGGOROKAN
Bagian tenggorokan meliputi faring (terdiri atas : nasofaring yang terletak di belakang hidung, orofaring yang terletak di belakang mulut, dan larimofaring, di dekat pita suara), trakhea, dan kerongkongan.

Gangguan pada tenggorokan
Amandel
Penyakit paling sering terjadi. Letaknya di bagian orofaring. Bisa menjadi fatal jika amandel terus membesar dan terjadi infeksi berulang.
Radang Tenggorokan (Faringitis)
Peradangan terjadi pada bagian belakang tenggorokan (Faring). Faringitis dapat melibatkan beberapa atau semua bagian tenggorokan, meliputi sepertiga belakang lidah, langit-langit mulut bagian belakang dan tonsil (amandel). Biasanya disebabkan oleh infeksi (virus dan bakteri) dan penyebab noninfeksi (alergi, iritasi, GERD atau penyakit asam lambung, dan tumor).
Laringitis

Kondisi medis yang ditandai oleh peradangan pada laring (pita suara), sehingga suara menjadi serak dan hilang. Penyebabnya paling umum adalah pilek dan flu. Namun, pemakaian suara secara berlebihan (overused voice)  juga dapat menyebabkan laringitis. Biasanya banyak diderita oleh penyanyi, pengajar, dan mereka yang jenis pekerjaannya banyak mengandalkan suara lantang.

Komentar

Postingan Populer