Langsung ke konten utama

Unggulan

Cara Mencegah Inflasi

Pengertian Inflasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. Bank Indonesia  memberikan definisi, inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan menurut Badan Pusat Statistik, inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa pada umumnya yang berlangsung secara terus menerus. Inflasi adalah hal yang biasa terjadi pada negara yang sedang berkembang, yang mengalami kenaikan harga secara meluas dan simultan. Inflasi adalah gejala ekonomi, yang hampir bisa dipastikan tidak mungkin bisa dihindari. Yang bisa dilakukan oleh suatu negara adalah mengendalikannya. Jenis-Jenis Inflasi 1. Inflasi ringan Skala ringan dalam inflasi adalah yang masih dalam tingkat mudah dikendalikan. Biasanya tidak memberikan efek yang terlalu mengganggu stabilitas ekonomi suatu negara. Parameterny

Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal merupakan sebuah harapan bagi setiap manusia. Selain hal itu menunjukan bahwa kita memiliki tubuh yang sesuai (sehat) juga merupakan salah satu penunjang penampilan.
Akan tetapi, kadang kita tidak mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal atau belum. Karena kita tidak bisa hanya mengira-ngira penampilan kita di depan cermin dengan Body Mass Index yang standar. Oleh karena itu, disini akan coba dijelaskan bagaimana cara mengukur berat badan ideal kita.
Cara 1:
Berat badan = (Tinggi Badan – 100)  90%
Contohnya anda memiliki tinggi badan 176 cm, maka berat badan anda yaitu:
BBI= (176-100) 90%
BBI= 76 X 90%
BBI= 68.4 Kg
Berat badan ideal anda adalah 68,4 Kg
Ket: Sebagaia acuan bila berat badan >10%-20% dari berat badan ideal anda maka anda kelebihan berat badan, jika berat badan anda >20% maka anda mengalami kegemukan atau obesitas, dan jika berat badan anda <10% maka berat anda termasuk dalam kategori kurus.
Cara 2:
Cara Index Masa Tubuh
Berat Badan Ideal= Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)
Contohnya anda memiliki berat badan 60 Kg dengan tinggi 1.76 M, maka berat badan ideal anda adalah
BBI= 60 : 1.762
BBI= 60 : 3.0976
BBI= 19.37
Berikut acuan untuk melihat keidealan berat badan anda:
  • <17 Kelebihan berat badan tingkat berat
  • 17 Kelebihan berat badan tingkat ringan
  • 18.4 – 21 normal
  • 21.1 – 27 Kelebihan berat badan tingkat ringan
  • 21.7 – 30 Kelebihan berat badan tingkat sedang
  • >30 Kelebihan berat badan tingkat berat
Jadi, kesimpulannya berdasarkan acuan data di atas dari hasi perhitungan berat badan, anda memiliki berat badan normal karena jatuh pada angka 19.37.


Komentar

Postingan Populer